Foto Luar Angkasa dari Teleskop Hubble

Teleskop ruang angkasa Hubble pertama kali diluncurkan pada tahun 1990. Pernah mengalami kerusakan dengan cermin utamanya, tapi sekarang ini sudah diperbaiki dan mulai mengirimkan lagi gambar-gambar yang menakjubkan dan detil dari luar angkasa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang terbaik.

Sinarnya hingga mencapai antar bintang di penjuru luar angkasa, Nebula (kumpulan bintang) Cat's Eye ( Nebula Mata Kucing) menempati titik pada jarak 3000 tahun cahaya dari bumi. Salah satu nebula keplanetan yang paling dikenal, NGC 6543 beurukuran lebih dari setengah tahun cahaya dan sedang menunjukkan fase terakhir yang singkat juga luar biasa dari hidup bintang yang mirip matahari

Mungkin mirip dengan seekor kuda laut, tapi objek gelap ini sebenarnya adalah kabut debu yang panjangnya mencapai 20 tahun cahaya. Struktur ini terjadi pada tetangga kita Large Magellanic Cloud, dalam lingkungan pembentukan bintang dekat Nebula Tarantula

MyCn18: sebuah Nebula jam gelas. Jalannya waktu akan habis untuk pusat bintang dari nebula keplanetan berbentuk jam gelas ini. Dengan dilepaskannya bahan bakar nuklir, fase terakhir dari hidup bintang yang mirip matahari ini terjadi ketika lapisan-lapisan luarnya dilepaskan - intinya menjadi bentuk kerdil berwarna putih pudar yang dingin.

Galaksi M104 berbentuk spiral ini dikenal karena profilnya yang unik. Terlihat sebagai siluet karena sinar terang bintang-bintang, jalur-jalur debu kosmiknya membuatnya seperti sebuah topi.

Pada tahun 1787, astronomer William Herschel menemukan Nebula Eskimo, NGC 2392, yang menyerupai kepala seorang yang dilingkupi oleh sebuah kudung jaket tebal yang biasa dipakai orang Eskimo.
Sepasang mata yang berkilauan ini adalah inti-inti yang berputar dari dua galaksi yang bergabung yaitu NGC 2207 dan IC 2163 pada Canis Major. Miliaran tahun dari sekarang, hanya satu dari dua galaksi ini yang tersisa. Sampai kemudian, keduanya dengan perlahan akan saling menarik untuk berpisah.

Ini adalah Nebula Cone di dalam galaksi yang terang di area pembentukan-bintang NGC 2264.

Bayangan dari Nebula NGC 1999. Nebula bayangan tidak memancarkan cahayanya sendiri. Mereka bersinar karena suatu sumber cahaya di dalamnya, seperti sebuah lampu jalan yang menyinari kabut. Bintang muda yang terang di pusat sebelah kirinya lah yang menerangi NGC 1999.

Nebula Orion, M42, "hanya" berjarak 1500 tahun cahaya. Nebula ini bisa menjadi peluang terbaik untuk mempelajari bagaimana bintang-bintang dilahirkan karena tidak hanya merupakan area pembentukan-bintang yang terdekat, tapi juga bintang-bintang energetic dari nebula tersebut turut melenyapkan awan-awan debu yang mengaburkannya.







from : http://notifikasiku.blogspot.com/2012/05/foto-luar-angkasa-dari-teleskop-hubble.html