7 Festival Terunik di Dunia

Festival memang membuat masyarakat dimanapun tempat festival tersebut berlangsung, namun dianatara banyak festival tersebut ada beberapa 7 festival terunik di dunia. Silahkan sahabat unikbaca simak beberapa festival terunik yang unik bin aneh di dunia ini.

1. Festival Perang Jeruk, Italia
Perang jeruk adalah sebuah karnaval dan festival di Kota Ivrea, Italia, yang tahun ini dilaksanakan pada 21 Februari, juga untuk menyambut Paskah.


Saat perang jeruk, ribuan penduduk kota berkumpul di pusat kota, kemudian dibagi menjadi sembilan grup besar yang nantinya akan saling melempar jeruk. Jeruk yang digunakan untuk perang ini sebanyak 400 ribu kilogram.

2. Pasola, Sumba, Indonesia
Pasola adalah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang dipacu kencang antara dua kelompok berlawanan. Pasola merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan warga Sumba yang masih menganut agama asli disebut Marapu (agama lokal masyarakat sumba).

Permainan pasola diadakan pada empat kampung di Kabupaten Sumba Barat, antara lain Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Pelaksanaan pasola di keempat kampung ini dilakukan secara bergiliran, yaitu antara Februari hingga Maret setiap tahunnya.

3. Festival Es dan Salju Internasional Harbin, China
Festival Internasional Salju dan Es Harbin adalah festival salju tahunan yang diadakan di Kota Harbin, Ibu Kota Provinsi Heilongjiang, timur laut China. Tahun ini festival dibuka secara resmi pada 5 Januari dan berlangsung sebulan penuh hingga 29 Februari.Pameran diadakan di tiga lokasi utama, yakni Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju, Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es.

Pameran dimeriahkan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api.Acara selama festival termasuk berenang di air es Sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, turnamen invitasi ski alpin. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba memahat es, lomba skat es, menulis puisi, festival film, berbagai pameran, dan upacara pernikahan di atas es. Festival ini diiikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.

4. Karnaval Oruro, Bolivia
Karnaval Oruro adalah perayaan keagamaan yang sudah berusia lebih dari 2.000 tahun.

Festival ini terbagi dalam lebih dari 48 set dengan 18 tarian tradisional spesial yang dipertunjukan di kuil-kuil setempat di Bolivia. Pertunjukan utamanya La Diablada atau tarian setan dengan kostum berwarna-warni. Festival berlangsung 10 hari sejak 22 Februari.

5. Festival Bunga Chiang Mai, Thailand
Chiang Mai, Thailand, dikenal sebagai kota mawar. terutama Februari, ketika bunga ini mencapai musim mekarnya. Karena itulah, setiap pekan pertama Februari, Festival Bunga Chiang Mai dibuka.

Kota Chiang Mai akan dipenuhi bunga, terutama chrysanthemum kuning putih dan mawar damask, spesies yang hanya ditemukan di Chiang Mai. Fokus utama festival terdapat di Taman Suan Buak Haad. Area sekitar taman ditutup untuk kendaraan bermotor, diganti deretan penjual bunga.

6. Carnaval de Binche, Belgia
Karnaval ini adalah sebuah perayaan tahunan yang dilaksanakan di Kota Binche, Belgia pada 21 Februari 2012 untuk menyambut Paskah. Karnaval meliputi pertunjukan musikal, tarian, dan parade. Saat karnaval ini berlangsung, pemuda kota Binche akan mengenakan topeng aneh dan membawa sebagai simbol mengusir roh jahat.

7. Festival memancing Argungu, Nigeria
Festival tahunan ini digelar selama empat hari setiap pertengahan Februari. Festival ini bertempat di Kota Argungu, Nigeria. Di festival ini, ribuan pria dan wanita partisipan akan berdiri di tepian sungai dan saat aba-aba mulai, mereka semua akan terjun ke sungai dan berlomba-lomba menangkan ikan terbesar selama satu jam.

Untuk menangkap ikan ini, peserta hanya boleh menggunakan alat pancing tradisional, bahkan banyak yang memilih untuk menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Pemenang dari lomba menangkap ikan ini akan membawa pulang uang tunai sebesar USD7.500. 









from : http://unikbaca.blogspot.com/2012/11/7-festival-terunik-di-dunia.html

1 komentar:

  1. resep masak para ahli mengatakan...

    sayang sekali ya, kalau jeruk di buang-buang